welcome to
my blog
m10
0

Definisi dan Karakteristik HTML, HTTP, PHP, URL, XML, XSLT, JavaScript dan AJAX



HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consrtium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
Karakteristik :
·         Karena platform dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer yang berbeda dan berbagai macam sistem operasi yang berbeda. Jadi bersifat fleksibel karena ditulis cukup dengan menggunakan editor karakter ASCII.
·         Dapat digabungkan dengan Javascript, VBScript, Active Server Pages, Perl, Tcl, PHP.
·         Tidak memerlukan kompiler karena bukan bahasa pemrograman. Cara menjalanakannya dengan menggunakan browser.
·         Menghasilkan halaman yang statis, untuk memperoleh halaman yang dinamis harus menggunakan bahasa pemrograman seperti Javascript atau VBScript dan animasi seperti Flash atau Shockwave.
·         Memiliki tag-tag yang begitu banyak sehingga susah dipelajari untuk yang masih awam.
·         Bahasa ini dipahami oleh semua system computer yang mempunyai system pengoperasian yang berbeda seperti Windows, Macintosh, Bbedit di Macintosh dan Emac atau vi atau Unix
·         File HMTL diakhiri dengan format .html
·         Pelayar web seperti Netscape membaca dokumen HTML dan menentukan bagaimana ia akan dipaparkan di skin
·         HTML tergantung kepada tag bertanda (markup tags) untuk mengenal pasti blok perkataan

HTTP

Pengertian HTTP atau HyperText Transfer Protocol adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.
HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server. HTTP digunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembali kan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.
Karakteristik :
HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya.

PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman server side yang sudah banyak digunakan pada saat ini, terutama untuk pembuatan website dinamis. Untuk hal-hal tertentu dalam pembuatan web, bahasa pemrograman PHP memang diperlukan, misalnya saja untuk memproses data yang dikirimkan oleh pengunjung web.
Karakteristik :
·      Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
·      Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
·      Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
·      Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
·      PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

URL

URL atau Uniform Resource Locator adalah serangkaian karakter (seperti huruf, angka, maupun simbol) menurut format standar yang telah ditetapkan, yang digunakan untuk menunjukkan alamat (address) suatu sumber yang ada seperti file dan dokumen pada Internet.

Karakteristik :
URL memiliki beberapa bagian penting, yaitu:
·       Protokol (baca juga mengenai Pengertian Standarisasi)
Pada bagian URL yaitu Protokol. Kita harus mengetahui protokol apa yang akan digunakan untuk bisa mengakses ke alamat sumber atau tujuan kita tersebut. Misalnya saja http://, https://, atau ftp://. Tanpa Protokol yang tepat, kita tidak akan dapat mengakses URL yang kita tuju.
·       Alamat Server/ Penyedia
Pada bagian URL  yaitu Alamat Server/ Penyedia. Kita harus mengetahui alamat server atau penyedia yang menyediakan sumber yang kita inginkan. Bagian ini merupakan URL alamat server. Contohnya yaitu mohammad.mahareza.blogspot.com
·       Path File
Pada bagian URL yaitu Path File atau lokasi file yang kita tuju. Misalnya kita ingin melihat halaman pada suatu website pada blog ini. Contohnya yaitu http://mohammadmahareza.blogspot.com/2013/04/definisi-dan-karakteristik-html-http.html. Yang penulis garis bawahi pada URL tersebut merupakan Path File.


XML

XML (eXtensible Markup Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang ada sebelumnya. Secara sederhana XML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk mendeskripsikan dan memanipulasi dokumen secara terstruktur. Secara teknis XML didefinisikan sebagai suatu bahasa meta-markup yang menyediakan format tertentu untuk dokumen-dokumen yang mempunyai data terstruktur. Bahasa markup adalah mekanisme untuk mengenal secara terstruktur di dokumen. XML adalah suatu aplikasi profil dari SGML. Seperti yang didefinisikan dari ISO 8879, SGML adalah cara standart dan vendor-independent.

XML tidak mempunyai definisi secara tepat karena ada yang berpendapat bahwa XML bukanlah suatu bahasa pemrograman,melainkan XML merupakan sintaks yang digunakan untuk menjelaskan bahasa markup lain (Dournaee,2002), sehingga dinamakan meta-language. Meskipun demikian pendapat yang XML bukan merupakan bahasa markup, didasarkan bahwa XML merupakan bahasa markup terpisah untuk tujuan terpisah. Selain itu XML bukanlah solusi semua hal untuk tujuan semua user.

Karakteristik :
·      Ekstensibilitas : dapat ditukar/digabung dengan dokumeN XML lain
·      Memungkinkan pemrograman yang lebih baik maka dibuat suatu software pengolah XML
·      Memisahkan data dan presentasi. Yang akan direpresentasikan dalam XML dan XSL
·      Pencarian data cepat karena XML merupakan data dalam format yang terstruktur
·      Plain Text dan platform independent
·      Untuk pertukaran data
·      Markup dapat menambah maksud arti (semantic) suatu data
·      Dapat memisahkan data.
·      Dapat mendefinisikan peran data.
·      Dapat mendefinisikan batasan data.
·      Dapat menfenisikan keterhubungan data.


XSLT

XSLT(XML Stylesheet Language for Transformation) adalah bahasa yang menspisifikasikan transformasi dari sebuah dokumen XML(Extensible Markup Language) pengertian transformasi di sini adalah perubahan bentuk dan struktur dari dokumen XML menjadi berbasis text lainnya.
spesifikasi dari dokumen XSLT ini dibakukan oleh W3C(Word Wide Web Consortium) melalui sebuah dokumen tertulis dan hanya merupakan sebuah spesifikasi yang harus diimplementasikan lagi oleh vendor untuk bisa dipakai.
Xalan, sebuah aplikasi berbasis java dari komunikasi open-source Apache adalah salah satu aplikasi yang mengimplementasikan spesifikasi XSLT ini. Dalam dokumentasi produknya, Xalan menyatakan telah menimplementasikan XSLT 1.0 sesuai dengan dokumen spesifikasi XSLT 1.0 yang dikeluarkan oleh W3C.


JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman berbasis client, artinya bahasa ini berjalan pada sisi browser pengguna (user) dan bukan pada server. Salah satu keuntungan dari bahasa ini adalah ringan karena berjalan pada masing-masing browser dan pekerjaan tidak di bebankan pada server. Jika di akses oleh 1000 orang maka setiap beban akan di tanggung oleh masing-masing browser, bukan server yang menanggung eksekusi 1000 pengakses tersebut.
Pada awalnya, JavaScript digunakan dalam dunia web untuk menangani berbagai event pengguna dan melakukan validasi. Menangani event pengguna misalnya menangani ketika pengguna mengubah pilihan pada combo box sehingga sekarang dikenal dengan istilah AJAX, yang memanfaatkan JavaScript sebagai teknologi utama. begitu juga dengan validasi pada halaman website. Jika validasi dapat di lakukan oleh JavaScript tentu akan efisien karena tidak perlu di lakukan dan di kirimkan ke server. Contoh yang sering di pakai adalah untuk mendeteksi inputan kosong, cukup dilakukan oleh JavaScript pada browser masing-masing pengguna.
JavaScript biasanya dalam penggunaannya digabungkan dengan HTML, tujuannya adalah memperkaya HTML supaya lebih interaktif. Oleh karena itu JavaScript sangat tergantung dengan browser yang digunakan. Jika browser tidak mengijinkan atau ter-disable untuk menggunakan javaScript maka aplikasi yang menggunakan javaScript menjadi tidak maksimal atau bahkan bisa menjadi error.
JavaScript adalah suatu teks (tulisan) yang di baca oleh browser kemudian di terjemahkan menjadi sekumpulan perintah yang dijalankan oleh browser. Saat ini teknologi JavaScript sudah berkembang pesat, baik digunakan untuk AJAX, Mapping, dan berbagai pustaka GUI seperti Jquery UI dan sebagainya. JavaScript berperan sebagai bahasa utama di dalam pengontrol dan input pengguna.

Karakteristik :
·      Menggunakan blok awal “{” dan blok akhir “}”.
·      Case Sensitive artinya membedakan penamaan variable dan fungsi yang menggunakan huruf besar dan huruf kecil.
·      Extension umumnya “ *.js”.
·      Setiap statement dapat diakhiri dengan “ ; ” namun pada C++ bisa pakai bisa tidak.
·      Jika tidak didukung dalam browser versi lama scriptnya dapat disembunyikan tag “<!–” dan “//–”>
·      Jika program dalam satu baris terlalu panjang dapat menggunakan  tanda “\”.
·      Bahasa dengan karakteristik terbatas
·      Kode terinttegrasi ke dalam html
·      Kode program bisa diakses
·      Hubungan dinamis, referensi dari objek diverifikasi pada saat loading

AJAX

AJAX memiliki kepanjangan Asynchronous Javascript And XML merupakan suatu teknik baru dalam dunia web tapi bukan merupakan bahasa pemrograman yang baru. Dikembangkan sekitar 2-3 tahun yang lalu, AJAX mulai dilirik oleh para web desainer dan programmer. Dengan adanya AJAX, akses data ke server yang dikirim melalui client via web dapat lebih cepat daripada mekanisme biasa. Hal ini dikarenakan AJAX tidak perlu melakukan proses loading page (refresh page) atau pindah ke page yang lain. AJAX dapat diintegrasikan dengan server side programming seperti PHP, ASP, JSP dll. Perhatikan mekanisme proses AJAX menggunakan PHP berikut ini
Pada mekanisme di atas, proses berawal dari web client. Web client merequest sebuah halaman PHP ke server melalui Javascript. Selanjutnya server akan merespon dan menjalankan script PHP. Script PHP akan menghasilkan respon dalam bentuk XML dan data XML tersebut akan dikirim kembali ke web client untuk diolah oleh Javascript. Hasil olahan javascript tersebut akhirnya akan ditampilkan di web client sebagai output tanpa harus merefresh halaman web. Bandingkan dengan mekanisme biasa dalam menjalankan PHP seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut
Pada mekanisme biasa, respon yang dihasilkan oleh server berupa HTML yang mengakibatkan halaman web akan merefresh tampilan. Dilihat dari sisi efisiensi, hal ini tentu kurang sekali. Sedangkan kekurangan AJAX dibandingkan mekanisme biasa adalah memiliki tingkat kesukaran pemrograman yang lebih tinggi, karena programmer harus menguasai 4 hal yaitu HTML-(XHTML), Javascript, XML dan juga server side programming seperti PHP dan lain sebagainya.
Karakteristik :
·      sebuah halaman web tidak perl di-refresh setiap kali ada data baru yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, sebuah aplikasi web akan terasa seperti aplikasi desktop saja.
·      kecepatan, interaktivis, fungsionalitas, dan tingkat kegunaan halaman web akan meningkat.
·      AJAX bekerja mengambil data dari server, user yang membuka halaman web masih tetap bisa berinteraksi dengan alaman web tersebut, di mana halaman web tidak mengalami freezing seperti halnya aplikasi web konvensional.
·       bersifat asynchronous artinya permintaan data tambahan dari server dan loadingnya dilakukan di background tanpa mempengaruhi tampilan dan sifat halaman web sekarang.
·      Ajax memiliki struktur pemrograman yang lebih mudah untuk dipahami.
·      Melakukan request ke web server dan PHP yang berada di server akan melakukan apa yang diminta oleh Ajax, mengirim hasilnya ke web browser dan Ajax menampilkannya kepada user.



Referensi :


http://id.wikipedia.org/wiki

http://ewawan.com/pengertian-http.html
http://www.maniacms.web.id/2012/01/pengertian-php.html
http://ghadinkz23.blogspot.com/2012/03/pengertian-url.html
 

0 komentar:

Posting Komentar