welcome to
my blog
m10
4

Contoh Karya Tulis Ilmiah


I.            TEMA
Teknologi Smartphone

II.           JUDUL
Pengaruh Smartphone Terhadap Pengguna

III.          LATAR BELAKANG

Pada zaman yang serba modern ini, kata smartphone sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Apalagi sekarang ini, smartphone sudah seperti barang yang wajib dimiliki, mulai dari kalangan atas, menengah bahkan bawah, entah itu bagi kaula tua, dewasa, remaja bahkan sampai anak-anak pun saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi smartphone ini. Bukan tanpa alasan mengapa semua kalangan sangat membutuhkan smartphone ini, itu dikarenakan dalam smartphone terdapat fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi yang sangat menunjang pengguna berinteraksi satu dengan yang lainnya. Contohnya untuk berkomunikasi melalui suara (telephone), SMS (Short Message Service), internetan, E-mail, bahkan sampai media social seperti facebook, twitter, dan lain-lain sudah tersedia di dalam teknologi smartphone. Dan juga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi smartphone sekarang ini sudah seperti komputer mini karena kegunaannya yang sudah hampir mendekati seperti komputer pada lazimnya.
Saat ini teknologi smartphone juga telah memberikan perubahan perilaku bagi para penggunanya, baik dari segi konsemerisme ataupun segi psikologis. Apalagi untuk tipe smartphone yang masuk dalam kategori canggih, banyak sekali ditemukan perilaku menyimpang yang sering dilakukan pengguna smartphone ini. Kebanyakan para pengguna smartphone pada saat ini memposisikan smartphonenya sebagai assisten pribadi yang dapat diakses  dimanapun dan kapanpun. Dalam penggunaan smartphone dewasa ini, juga pasti mendapatkan sisi positif dari smartphone ini. Namun bukan hanya sisi positif saja yang di dapat dari teknologi smartphone ini, tetapi terdapat juga sisi negatif dari smartphone ini. Apabila dapat memanfaatkan kecanggihan dari smartphone tersebut, itu termasuk sisi positif yang didapatkan. Namun sebaliknya, jika disalahgunakan kecanggihan dari smartphone tersebut, itu berarti termasuk dalam sisi negative. Untuk itu, saya sangat tertarik untuk membahas tentang sisi positif dan negatif dari smartphone.

IV.         RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan dari rincian latar belakang diatas, dapat dirumuskan permasalahan dalam pertanyaan sebagai berikut :

1.    Apa itu smartphone ?
2.    Seberapa pentingkah smartphone untuk dimiliki ?
3. Apa saja dampak positif dan negatif smartphone bagi para penggunanya ?

V.          TUJUAN PENULISAN

Berdasarkan rumusan masalah diatas, dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian adalah sebagai berikut :

1.    Mengetahui terlebih dahulu apa itu smartphone, termasuk fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi yang disediakannya.
2.   Mengetahui penting atau tidaknya memiliki smartphone di zaman sekarang ini, ditinjau dari kegunaan dan kebutuhan penggunannya.
3.  Mengetahui dampak positif dan negatif smartphone bagi para penggunanya.



VI.         HIPOTESIS PENULISAN

Berdasarkan dari latar belakang dan rumusan masalah, zaman sekarang smartphone dapat disebut sebagai teknologi yang canggih, bukan tanpa sebab karena smartphone saat ini mungkin sudah dapat disebut sebagai komputer mini. Bagi sebagian orang mungkin memiliki smartphone hanyalah sebagai sekedar mengikuti trand saja, tapi adapula orang yang memnag sanagat memanfaatkan smartphone sebagai penunjang dalam bidang pendidikan, pekerjaan bahkan bisinis. Dan bagi orang yang dapat memanfaatkan smartphone dengan baik, itu termasuk dampak positif. Namun sebaliknya, jika disalahgunakan maka termasuk dari dampak negatif.

VII.        KESIMPULAN


            Berdasarkan dengan rumusan masalah sebelumnya dapat dijawab bahwa pertama, smartphone merupakan ponsel yang dikategorikan sebagai ponsel pintar dan canggih. Kedua, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan dan memilikinya, karena smartphone sudah seperti benda yang harus dimiliki di zaman ini. Smartphone, bagi sebagaian orang mungkin memiliki smartphone hanya sebagai ikut-ikutan trand saja, namun ada juga yang memanfaatkan smartphone secara maksimal entah itu dalam bidang pendidikan, pekerjaan bahkan bisnis. Jadi mungkin sebaiknya bila ingin memiliki smartphone pikirkan dulu kegunaannya bagi anda, sesuai dengan fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh smartphone tersebut. Ketiga dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh smartphone sangat banyak antara lain dalam hal positinya dapat mempermudah komunikasi, menambah pengetahuan tentang perkembangan berita-berita, bahkan sekarang sudah dilengkapi dengan media sosial seperti facebook, twitter, line dan lain-lain. Namun tidak hanya dampak positif saja yang ditimbulkan, dampak negatifnya pun juga terdapat dalam smartphone bagi para penggunanya antara lain menyebabkan penggunanya menjadi anti sosial kerena sudah terbiasa dengan chatting, bagi pelajar bisa lupa akan waktu karena terlalu sering memainkan smartphone yang berakibatkan pecahnya konsentrasi belajar, gangguan tidur, kecemasan berlebihan dan mengganggu kesehatan bila sudah kecanduan dan ketergantungan.